MATERI IP 9D FINA 28
BAB 1 BERPIKIR KOMPUTASIONAL
(BK)
A. Struktur data. FINA.
1.Tree
2.Graph
3.Lish
4.Stack
B. ALGORITMA. FINA.
1.Algoritma
2.Program
3.Bahasa Pemrograman
4.Pemrograman
Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program. Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis program dinamakan bahasa pemrogaman. orang yang membuat program komputer disebut pemrogram.
C. EKSPRESI DAN OPERASI LOGIKA. FINA.
1.Ekspresi
2.Operasi logika
3.Operand
4.Operator
Perhitungan pernyataan yang memiliki nilai benar atau salah, yang terbentuk dari operasi logika (seperti AND, OR, NOT) pada operand atau ekspresi lain
D. FLOWCHART. FINA.
1.Flowchart
2.Flowchart dokumen
3.Flowchart data
4.Flowchart sistem
5.Flowchart program
Flowchart atau diagram alir adalah suatu bagan diagram dengan simbol simbol grafis yang secara logika. menyatakan aliran algoritma secara detail dan prosedur sistem Flowchart ini bisa memberikan solusi selangkah demi selangkah untuk menyelesaikan masalah yang ada di dalam proses.
E. SIMBOL FLOWCHART. FINA.
1.Flowchart
2.Flowchart dokumen
3.Flowchart data
4.Flowchart sistem
5.Flowchart program
F. CONTOH FLOWCHART. FINA.
1.Flowchart bank di sekolah
2.Flowchart sistem voucher kantin madrasah
BAB II
A. INTEGRASI KONTEN APLIKASI PERKANTORAN
Penggunaan komputer sudah menjadi rutinitas di zaman sekarang. Hampir tidak ada pekerjaan perkantoran yang tidak berhubungan dengan pembuatan sebuah dokumen. Untuk membuat sebuah dokumen, tentu kalian akan menggunakan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja, bahkan sampai menggunakan aplikasi pembuat presentasi. Banyak aplikasi perkantoran yang sudah dikenalkan pada jenjang kelas VII dan VIII. Cobalah mengingat kembali materi tersebut
Aplikasi perkantoran adalah perangkat yang esensial di setiap komputer kantor. Minimal ada tiga aplikasi perkantoran umum yang umum digunakan, yakni pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi. Kemahiran dalam mengoperasikan aplikasi-aplikasi ini sangatlah penting
1.Analisis konten
2.proses analisis masalah
3.mencari alternatif solusi
4.pemilihan solusi dan aplikasi pendukung
B.BLOG
Blogger adalah seseorang yang membuat dan mempublikasikan konten di sebuah blog. Blog sendiri adalah platform online, seperti situs web, yang digunakan untuk berbagi berbagai jenis konten, seperti artikel, opini, cerita, foto, video, atau bahkan podcast. Jadi, blogger adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengisi dan mengelola blog tersebut.
C.VLOG
Vlog adalah singkatan dari video blog. Ini adalah jenis blog yang menggunakan video sebagai konten utamanya. Vlog bisa berisi tentang apa saja, mulai dari keseharian seseorang, pengalaman traveling, hingga tutorial edukasi. Vlogger, atau orang yang membuat vlog, menggunakan video untuk berbagi pemikiran, pengalaman, dan idenya dengan dunia. Vlog biasanya diunggah di platform berbagi video seperti You Tube. Vlog bisa pendek atau panjang, dan bisa diperbaharui secara teratur atau tidak rutin.
BAB III
A.KOMPUTER DAN KOMPONEN PENYUSUN
Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima data (input), memproses data tersebut, dan menghasilkan informasi (output) berdasarkan instruksi yang tersimpan dalam memorinya.
1.struktur komputer
2.struktur cpu
B.SISTEM OPERASI
Sistem operasi adalah perangkat lunak utama yang mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak komputer, serta menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berinteraksi dengan komputer
C.KOLABORASI DALAM SISTEM KOMPUTER
adalah kerja sama antara berbagai komponen, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, untuk mencapai tujuan bersama, yaitu memproses data dan menghasilkan informasi yang berguna
D.INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer, termasuk perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan
1.berbaris GUI
2.antar berbaris perintah
3.melalui suara
4.melalui gambar
5.melalui berbagai piranti masukan lain
E.UNIT PENGOLAH LOGIKA DAN ARITMATIKA
Pengolahan Logika dan Aritmatika Arithmatic and Logic Unit (ALU) adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem didalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (seperti penjumlahan, pengurangan dan beberapa logika lain). ALU bekerja sama dengan memori dimana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori Perhitungan dalam ALU menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand) ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner (two's complement). ALU
BAB IV
A.DEFINISI JARINGAN
Komentar
Posting Komentar